DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kegiatan Berpantomim Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di kelompok B TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi.
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
pranati fitri, nadia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-04-08 04:26:24 
Abstract :
Kartika, Ayu Yuli. 2020. Pengaruh Kegiatan Berpantomim Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di kelompok B TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dr. Drs. Hendra Sofyan M.Si (II) Dra. Destrinelli M.Pd. Kata Kunci: Gerakan Pantomim, Keterampilan Motorik Kasar Hasil pengamatan peneliti di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi pada ada usia 5-6 tahun di kelompok B4 terdapat 10 anak dari 15 anak yang keterampilan motorik kasarnya masih belum berkembang secara optimal. Masih belum berkembangnya keterampilan motorik kasar anak terlihat pada saat bermain di luar kelas, dimana masih ada anak yang gerakannya mesih kaku, kurang mampu mengatur keseimbangan, kurang lentur, kurang cepar dan koordinasi kurang baik pada saat mengikuti kegiatan baris berbaris berlangsung dan pada saat kegiatan senam. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kegiatan Berpantomim terhadap keterampilan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Melalui gerakan Pantomim dapat membantu mengembangkan keterampilan motorik kasar dan tidak hanya motorik kasar kemampuan emosional anak juga ikut berkembang. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif Pre-Eksperimental Design dengan rancangan one-Group Pretest-Posttest Design. Dimana dalam desain ini peneliti melakukan pengukuran sebanya dua kali yakni sebelum diberi perlakukan (Pretest) dan sesudah di beri perlakuan (Posttest). Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian anak kelomok B4 TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi yang berjumlah 10 anak. Teknik pengambilan sampel yang di gunakan dalam penelitian ini adalah sampling purposive. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pretest menggunakan instrument penelitian berupa angket, kemudian peneliti melakukan perlakuan, dan memberikan posttest atau tes kembali untuk melihat pengaruh kegiatan gerakan pantomim terhadap keterampilan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. Setelah semua data didapatkan data di analisis dengan menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test. Uji t berpasangan mengenai motorik kasar anak melalui kegiatan berpantomim t-hitung = 27,63 lebih besar dari nilai t-tabel. Berdasarkan perhitungan di atas, dapat dikatakan bahwa hipotesis kerja (HA) diterima, dengan demikian HA : 1 ? 2 yaitu nilai pretest tidak sama dengan nilai posstest. Hal ini menunjukan bahwa hasilnya signifikan, bahwa kegiatan berpantomim berpengaruh terhadap keterampilan motorik kasar anak TK Negeri Pembina 1 Kota Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi