DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Video Pembelajaran dengan Adobe Premiere Pro yang Mendukung Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Kelas VIII SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Himmah, Nidaul
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-18 01:54:07 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kualitas (validitas, praktis, dan efektifitas) video pembelajaran yang mendukung kemampuan literasi numerasi siswa kelas VIII SMP pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dihasilkan valid, praktis dan efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis validasi materi diperoleh persentase 74,6% (cukup valid) dan hasil analisis validasi media diperoleh persentase 83% (cukup valid). Aspek praktis dilihat dari hasil analisis angket penilaian guru yaitu diperoleh persentase 93,4% dan hasil analisis angket evaluasi satu-satu (9 orang peserta didik kelas VIII SMP) diperoleh persentase 90%. Aspek efektifitas dilihat berdasarkan dari hasil tes kemampuan literasi numerasi yang dimana persentase siswa tuntas sebanyak 90% dan hasil analisis angket respon siswa pada evaluasi kelompok kecil yaitu diperoleh 94% (sangat efektif). Berdasarkan hal tersebut maka dapat diketahui bahwa video animasi pembelajaran telah memenuhi indikator-indikator sebuah media yang baik menurut Nieven yaitu valid, praktis dan efektif. 
Institution Info

Universitas Jambi