DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN e-MAGAZINE PADA MATERI PERAN KIMIA DALAM KEHIDUPAN KELAS X IPA DI SMAN 5 BATANGHARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Nengsih, Aan Nofia
Asrial, Asrial
Afrida, Afrida
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-19 06:37:49 
Abstract :
Nengsih, Aan Nofia. 2020. Pengembangangan Media Pembelajaran e-Magazine Pada Materi Peran Kimia dalam Kehidupan Kelas X IPA di SMAN 5 Batanghari: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Prof. Dr. rer. nat, Asrial, M.Si. (II) Afrida, S.Si., M.Si. Kata kunci :Media Pembelajaran, e-Magazine, Peran Kimia dalam Kehidupan. Salah satu bidang yang mendapatkan dampak cukup berarti dalam perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) adalah pendidikan. Penggunaan teknologi informasi merupakan cara yang efektif dan efisien untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar di sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah membuat sebuah bahan bacaan berupa e-Magazine menggunakan Software 3D Pageflip Professional yang dapat dijadikan sebagai media pembelajran, sumber belajar maupun bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-Magazine pada materi peran kimia dalam kehidupan yang dinilai layak digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model desain pembelajaran Hannafin and Peck. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan, penilaian guru, respon siswa, lembar wawancara, angket validasi ahli materi dan ahli media. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya dinilai oleh guru sebelum diujicobakan kepada siswa. Uji coba kepada siswa dalam bentuk kelompok kecil berjumlah sepuluh orang untuk melihat respon siswa. Hasil penelitian diperoleh kelayakan e-Magazine menurut ahli materi dan media menyatakan media e-Magazine telah layak. Untuk hasil penilaian guru diperoleh hasil bahwa keseluruhan aspek yang dinilai telah terpenuhi dan respon siswa 88,5% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil pengembangan, disimpulkan bahwa kriteria media pembelajaran e-Magazine pada materi peran kimia dalam kehidupan sangat layak dan mendapat respon positif dari siswa. Media e-Magazine ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran pendukung pada materi peran kimia dalam kehidupan. 
Institution Info

Universitas Jambi