Abstract :
Kata kunci : sikap ilmiah, lesson study, gerak lurus.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap ilmiah siswa pada siswa kelas X
MIA 2 SMA Negeri 12 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020 dalam menerapkan
lesson study selama proses pembelajaran Fisika berlangsung. Penelitian ini
dilakukan pada Desember 2019. Data penelitian diperoleh melalui instrumen
lembar observasi sikap ilmiah siswa dengan cara mengamati aktivitas belajar
siswa selama pembelajaran berlangsung. Kemudian data dianalisis menjadi
penggambaran deskriptif tentang sikap ilmiah siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus pertama dalam penerapan lesson
study, ditemukan dua kelompok dengan 4 orang siswa yang terindikasi sikap
ilmiah siswanya rendah, dilihat dari hasil pengamatan observer melalui lembar
observasi, sikap siswa cenderung pasif dan tidak memiliki rasa ingin tahu yang
tinggi. Hal tersebut dikarenakan pengaturan kelompok, siswa tersebut tidak
dipasangkan dengan teman akrabnya. Kemudian untuk kelompok lainnya
memiliki sikap ilmiah yang peneliti ukur dalam kategori yang sangat baik pada
siklus pertama. Tampak juga dari hasil lembar kerja siswa yang mereka kerjakan.
Pada tahap refleksi, observer menyampaikan bahwa rata-rata pada siklus pertama
hanya beberapa siswa saja yang tidak serius berdiskusi. Pada siklus kedua,
peneliti mengubah tempat duduk khusus untuk beberapa siswa, selama
pembelajaran berlangsung menurut pengamatan observer pada tahap refleksi
siklus kedua, siswa yang memiliki permasalahan sudah dapat teratasi dengan baik
dan mau mengikut kegiatan diskusi. Serta pada siklus kedua, seluruh kelompok
menunjukkan berkembangnya sikap ilmiah yang mereka miliki.
Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada guru bahwa melalui penerapan lesson
study siswa dapat menumbuhkan sikap ilmiah siswa yang harus dimiliki oleh
siswa dalam pembelajaran IPA khususnya Fisika sebagai hasil dari adanya
perkembangan karakter atau sikap siswa di sekolah dan kehidupan sehari-hari.