Abstract :
ABSTRAK
Analisa, nike tri, 2020 ?meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran budaya lokal di Tk Negeri Pembina I Kota Jambi?, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Jambi, pembimbing (1) Dra. Kasmiati,M.Pd. (2) Drs. Irwan, M.Pd.
Kata kunci : perkembangan sosial emosional, pembelajaran budaya lokal
Penelitian ini berlatar belakang dari perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina I Kota Jambi yang masih belum berkembang secara optimal dikarenakan anak masih banyak belum memiliki kepedulian terhadap sesama, kurang rasa saling menghargai, kurang nya patuh pada norma dan aturan disekolah, kurangnya sikap toleransi sesama anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat capaian perkembangan sosial emosioanal anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran budaya lokal dengan menggunakan dua siklus dan delapan kali tindakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan langkah-langkah pada penelitian tindakan kelas ini yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, mengobservasi, melakukan refleksi terhadap tiap pertemuan. Sampel penelitian ini anak kelas B4 yang berjumlah 15 anak. teknik analisis data di olah secara deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data di peroleh dengan mengisi lembar observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dalam pengolahan data berkaloborasi dengan guru dalam mengisi lembar observasi yang telah disediakan setiap kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun melalui pembelajaran budaya lokal di TK Negeri Pembina I Kota jambi yaitu di peroleh dari pratindakan nilainya 26.44% (MB), kemudian siklus 1 pertemuan 1 dengan nilai 28.42% (MB), pertemuan ke-2 31.715% (MB), pertemuan ke-3 32.605% (MB), pertemuan ke-4 34.47% (MB). Dikarenakan pada siklus 1 hasil belum mencapai kriteria ketuntasan maka dilanjut dengan siklus ke-2. Pada siklus 2 pertemuan 1 nilainya 46.08% (MB), pertemuan ke-2 60.805% (BSH), pertemuan ke-3 68.745% (BSH), pertemuan ke-4 (BSB), untuk hasil pada siklus 2 pertemuan 4 terlihat bahwa perkembangan sosial emosional anak sudah meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan penelitian ini adalah perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dapat meningkat melalui pembelajaran budaya lokal.