Abstract :
Hasanah. 2020. Berjudul Lesson Study Untuk Menganalisis Sikap Ilmiah Siswa
Kelas XI IPA Di SMA Negeri 12 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan
Fisika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Nova Susanti, S.Pd.,
M.Si., (2) Neneng Lestari, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Lesson Study, Sikap Ilmiah, Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap ilmiah siswa kelas XI IPA di
SMA Negeri 12 Kota Jambi yang dilatar belakangi karena kurangnya minat
belajar siswa dibidang fisika, serta siswa kurang memperhatikan ketika guru
menjelaskan pelajaran. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Kota Jambi
pada November 2019. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan instrumen
sikap ilmiah (sebagai data utama), lembar kerja siswa (sebagai data utama), dan
foto-foto pada saat penelitian (sebagai data penunjang). Setelah penelitian selesai
pada tahapan siklus 1 dan siklus 2 data akan dianalisis secara kualitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan lesson study untuk menganalisis sikap ilmiah siswa
kelas XI IPA 3 menggunakan tahapan perencanaan (Plan), pelaksanaan (Do), dan
refleksi (See), dimana pada penelitian ini peneliti sebagai guru model pada saat
siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus 1 pelaksanaan lesson study, dari analisis sikap
ilmiah terlihat bahwa hampir semua siswa pada setiap kelompok masih kurang
berpartisipasi aktif saat pelajaran fisika. Pada siklus 2, tindakan yang dilakukan
oleh peneliti yang dibantu observer lebih fokus pada siswa yang kurang antusias
belajar pada saat pelaksanaan (Do) untuk siklus 1, sehingga pada siklus 2 siswa
mulai antusias dan berperan aktif saat belajar fisika, berdasarkan tindakan yang
dilakukan pada siklus 2, maka terjadi pemerataan sikap siswa terhadap pelajaran
fisika.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah didapat, maka guru harus lebih peka
terhadap siswa yang kurang pada saat proses pembelajaran. Di samping itu, guru
juga harus menjelaskan materi secara sistematis dan mudah dipahami oleh siswa,
serta guru juga harus memahami kedalaman dari materi yang akan disampaikan ke
siswa agar terjadi suatu pembelajaran yang berkualitas.