Abstract :
Rozalina, Mirda. 2020. Pengembangan E-Book untuk Pembelajaran Apresiasi
dan Kreasi Fabel Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Harry
Soedarto Hardjono, M. Pd Pembimbing II Dr. Hj. Irma Suryani, M.
Pd.
Kata kunci : E-Book, 3D Pageflip Professional, Apresiasi dan Kreasi Fabel
Seiring perkembangan TIK dalam dunia pendidikan, buku sudah
dikembangkan dalam bentuk elektonik dengan format pdf. Buku dalam bentuk pdf
tersebut mampu mengatasi keterbatasan buku dalam bentuk cetak yakni bersifat
praktis dari segi penyebaran dan dapat lebih mudah direvisi oleh tenaga pendidik
sesuai kebutuhan. Namun, buku tersebut masih memiliki kekurangan dari segi
tampilan yang hanya terbatas pada teks dan gambar. Oleh karena itu, dibutuhkan
media yang dapat mengantisipasi hal tersebut, yakni memberikan tampilan yang
lebih menarik, dan dapat mengilustrasikan materi bukan hanya dengan materi
tertulis dan gambar, tetapi dilengkapi juga dengan ilustrasi berupa video sehingga
mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. Salah satu program
yang dapat digunakan untuk merancang dan mengembangkan e-book dalam
bentuk 3D tersebut adalah program 3D Pageflip Professional.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-book menggunakan program 3D
Pageflip Professional materi apresiasi dan kreasi fabel untuk siswa kelas VII
SMP.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket dengan perhitungan
menggunakan skala Likert. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli
media dan ahli materi, serta mendapat respons dari 2 orang guru Bahasa
Indonesia, lalu dilakukan uji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar untuk
mendapat respons siswa terhadap produk yang dikembangkan.
Produk yang dihasilkan berupa e-book untuk pembelajaran apresiasi dan
kreasi fabel siswa kelas VII SMP yang dikembangkan menggunakan program 3D
Pageflip Professional dan divalidasi oleh tim ahli media dan ahli materi tanpa
adanya revisi. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase: 96% (sangat baik),
ahli media: 77.8% (baik), respons guru: 88.94% (sangat baik), sehingga e-book
untuk pembelajaran apresiasi dan kreasi fabel siswa kelas VII SMP yang
dikembangkan layak untuk diujicobakan pada kelompok kecil dan kelompok
besar. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase: 88.9% (sangat baik)
dan kelompok besar: 86.3% (sangat baik).
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan
bahwa langkah-langkah dalam pengembangan e-book untuk pembelajaran
apresiasi dan kreasi fabel siswa kelas VII SMP ini adalah menggunakan model
pengembangan ADDIE, yaitu analisis, desian, pengembangan, implementasi dan
evaluasi. Untuk hasilnya, berupa e-book pembelajaran apresiasi dan kreasi fabel
dan respons yang baik dari guru dan siswa terhadap produk yang dikembangkan.