DETAIL DOCUMENT
Pengembangan E-Book untuk Pembelajaran Apresiasi dan Kreasi Fabel Siswa Kelas VII SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Rozalina, Mirda
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-20 03:30:52 
Abstract :
Rozalina, Mirda. 2020. Pengembangan E-Book untuk Pembelajaran Apresiasi dan Kreasi Fabel Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Harry Soedarto Hardjono, M. Pd Pembimbing II Dr. Hj. Irma Suryani, M. Pd. Kata kunci : E-Book, 3D Pageflip Professional, Apresiasi dan Kreasi Fabel Seiring perkembangan TIK dalam dunia pendidikan, buku sudah dikembangkan dalam bentuk elektonik dengan format pdf. Buku dalam bentuk pdf tersebut mampu mengatasi keterbatasan buku dalam bentuk cetak yakni bersifat praktis dari segi penyebaran dan dapat lebih mudah direvisi oleh tenaga pendidik sesuai kebutuhan. Namun, buku tersebut masih memiliki kekurangan dari segi tampilan yang hanya terbatas pada teks dan gambar. Oleh karena itu, dibutuhkan media yang dapat mengantisipasi hal tersebut, yakni memberikan tampilan yang lebih menarik, dan dapat mengilustrasikan materi bukan hanya dengan materi tertulis dan gambar, tetapi dilengkapi juga dengan ilustrasi berupa video sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. Salah satu program yang dapat digunakan untuk merancang dan mengembangkan e-book dalam bentuk 3D tersebut adalah program 3D Pageflip Professional. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-book menggunakan program 3D Pageflip Professional materi apresiasi dan kreasi fabel untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan angket dengan perhitungan menggunakan skala Likert. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli media dan ahli materi, serta mendapat respons dari 2 orang guru Bahasa Indonesia, lalu dilakukan uji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar untuk mendapat respons siswa terhadap produk yang dikembangkan. Produk yang dihasilkan berupa e-book untuk pembelajaran apresiasi dan kreasi fabel siswa kelas VII SMP yang dikembangkan menggunakan program 3D Pageflip Professional dan divalidasi oleh tim ahli media dan ahli materi tanpa adanya revisi. Hasil validasi ahli materi diperoleh persentase: 96% (sangat baik), ahli media: 77.8% (baik), respons guru: 88.94% (sangat baik), sehingga e-book untuk pembelajaran apresiasi dan kreasi fabel siswa kelas VII SMP yang dikembangkan layak untuk diujicobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil uji coba kelompok kecil diperoleh persentase: 88.9% (sangat baik) dan kelompok besar: 86.3% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh kesimpulan bahwa langkah-langkah dalam pengembangan e-book untuk pembelajaran apresiasi dan kreasi fabel siswa kelas VII SMP ini adalah menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu analisis, desian, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Untuk hasilnya, berupa e-book pembelajaran apresiasi dan kreasi fabel dan respons yang baik dari guru dan siswa terhadap produk yang dikembangkan. 
Institution Info

Universitas Jambi