DETAIL DOCUMENT
Pengembangan Bahan Ajar Suhu dan Kalor Berorientasi Conceptual Understanding di SMPN 22 Kota Jambi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Injilita, Sendy
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-20 03:29:18 
Abstract :
Kata Kunci: Bahan Ajar, suhu dan kalor, Conceptual Understanding IPA adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa, karna banyak memuat tantang konsep dan hafalan. Oleh karna itu sebaiknya bahan ajar yang digunakan dapat membuat siswa tertarik untuk mempelajarinya. Bahan ajar adalah bagian penting untuk menunjang proses belajaran siswa, bahan ajar juga membantu guru dalam proses pembelajaran. Karna bahan ajar berperan pentingmaka penulis mengembangkan suatu produk berupa, bahan ajar suhu dan kalor yang berorientasi conceptual understanding. Penelitian di lakukan di SMPN 22 Kota Jambi, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar suhu dan kalor berorientasi pemahaman konsep, yang diharapkan dapat membantu siswa dalam mempelajari materi dengan pemahaman konsep yang benar. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4D dimana tahapannya adalah Define, Design, Development, dan Dissaminate. Tetapi penelitian ini hanya sampai pada tahapan pengembangan (Development). Hasil penelitian dan pengembangan ini diperoleh dari hasil validasi tim ahli dan uji coba angket persepsi. Hasil validasi tim ahli terhadap materi adalah 83,93% dengan kategori ?Sangat Valid?, ahli media adalah 85,23% dengan kategori ?Sangat Valid?. Hasil analisis data persepsi guru diperoleh persentase sebesar 92,58% dengan kategori ?Sangat Valid? dan persepsi siswa diperoleh persentase sebesar 89,56% dengan kategori ?Valid?. Hal ini menunjukkan bahan ajar suhu dan kalor berorientasi conceptual understanding dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar tambahan yang dapat memberikan pemahaman konsep yang tepat pada siswa. 
Institution Info

Universitas Jambi