DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK PEMBELAJARAN MENULIS FABEL DI SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Efendi,Dwi, Irfan
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-20 03:35:19 
Abstract :
ABSTRAK Efendi, Irfan Dwi. 2020. Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Menulis Fabel Di SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Hary Soedarto Harjono, M. Pd., (II) Priyanto, S.Pd., M. Pd. Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, menulis fabel Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk media pembelajaran berupa multimedia interaktif untuk pembelajaran menulis fabel bagi siswa kelas VII di SMP. Peneliti memilih mengembangkan multimedia interaktif karena beberapa alasan, diantaranya, dengan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif akan membuat siswa lebih aktif dan interaktif didalam pembelajaran, adanya multimedia interaktif mampu melibatkan indera penglihatan beserta pendengaran siswa secara aktif sehingga penyarapan materi lebih efektif dan maksimal. Adapn rumusan maalah dalam penelitian ini adalah bagaimana prosedur pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran menulis fabel di SMP, dan apakah multimedia interaktif yang dikembangkan dalam penelitian ini efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII dalam menulis fabel. Metode yang digunakan dalam paenelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Model pengemabangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari dua data yaitu data kuantitaf dan data kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara (sebagai data untuk studi pendahuluan), angket (sebagai data untuk mengetahui kelayakan dan respon terhadap multimedia yang dikembangkan), tes (sebagai data untuk mengetahui keefektifan dari multimedia yang dikembangkan), dan data dianalisis secara kuantitaf dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembanagan multimedia interaktif pada menulis fabel di kelas VII H SMP Negeri 7 Kota Jambi efektif digunakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes yang dilakukan terdiri dari pretest dengan nilai rata-rata 31,85, posttest dengan nilai rata-rata 90,3, Berdasarkan bukti tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif yamg dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis fabel. 
Institution Info

Universitas Jambi