DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM KOORDINAT KARTESIUS PADA SISWA SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Nurdiyani, Oktavia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-04-20 02:31:37 
Abstract :
Minat dan hasil belajar siswa merupakan salah satu tujuan yang diharapkan dapat berkembang dengan optimal pada diri siswa. Berdasarkan hasil observasi yang telah dilaksanakan di kelas VIII SMPN 14 Kota Jambi, diketahui bahwa minat dan hasil belajar siswa masih rendah. Kurangnya metode yang menunjang pembelajaran, siswa masih kesulitan dalam memahami dan mengerjakan suatu permasalahan matematika non rutin dan saat terlibat dalam proses pembelajaran siswa cenderung senang untuk berdiskusi dengan siswa lainnya mengenai materi yang belum dipahami. Hal ini mengakibatkan minat dan hasil belajar siswa masih rendah. Masalah ini dapat diatasi dengan menggunakan Permainan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan terhadap minat dan hasil belajar siswa materi system koordinat kartesius pada siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan rancangan Randomized Control Group Pretest-Posstest Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Jambi yang berjumlah 281 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik random sampling, kelas VIII F terpilih sebagai kelas kontrol, kelas VIII G terpilih sebagai kelas eksperimen 1, dan kelas VIII H terpilih sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah tes, angket, dan lembar observasi keterlaksanaan. Dari hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa rata-rata minat dan hasil belajar siswa mendapatkan rata-rata yang lebih baik Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa minat dan hasil belajar siswa dengan menggunakan permainan terdapat pengaruh yang lebih baik dari pada minat dan hasil belajar siswa menggunakan pembelajaran langsung. Kata Kunci: Permainan, Minat, Hasil Belajar, Sistem Koordinat Kartesius. 
Institution Info

Universitas Jambi