Abstract :
Perbedaan kepribadian yang dimiliki seseorang mengakibatkan mereka tidak mungkin memecahkan masalah dengan pendekatan dan pengambilan keputusan dengan cara yang sama. Tipe kepribadian yaitu extrovert dan introvert. Individu yang extrovert, pada umumnya memiliki ciri-ciri suka beorientasi keluar, menghadapi pekerjaan yang lamban, dan suka bekerja kelompok. Sedangkan individu yang introvert, umumnya memiliki sifat-sifat cenderung menarik diri, suka bekerja sendiri, tenang, tetapi rajin, hati-hati dalam mengambil keputusan.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis dan mendeskripsikan kemampuaan pemecahan masalah matematis siswa tipe kepribadian extrovert dan introvert dalam proses dan hasil pembelajaran SPLDV. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas VIII B SMP Negeri 16 Kota Jambi. Instrumen penelitian ini terdiri dari lembar tes kepribadian MBTI, lembar observasi, lembar tes tertulis, dan pedoman wawancara. Dalam pengumpulan data, peneliti melakukan pengecekan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Selanjutnya dilakukan analisis terhadap data yang telah diperoleh.
Hasil penelitian menujukkan bahwa subjek SE-1, SE-2, dan SE-3 rata-rata memenuhi 2 indikator kemampuan pemecahan masalah dalam proses pembelajaran SPLDV dan memenuhi 1 indikator pada hasil pembelajaran SPLDV. Sedangkan subjek SI-1, SI-2, dan SI-3 hanya memenuhi 3 indikator kemampuan pemecahan masalah baik pada proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran SPLDV.