Institusion
Universitas Jambi
Author
Amini, Nurul
Haryanto, Haryanto
epinur, epinur
Subject
L Education (General)
Datestamp
2020-04-29 01:54:48
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi keterlaksanaan model Learning Cycle 5E berbantuan e-LKPD pada materi asam basa dengan keterampilan proses sains peserta didik di SMAN 4 Kota Jambi pada tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model triangulasi konkuren. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model Learning Cycle 5E oleh guru maupun peserta didik dan lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model Learning Cycle 5E berbantuan e-LKPD dengan keterampilan proses sains peserta didik dilakukan uji korelasi product momen pearson. Korelasi keterlaksanaan model Learning Cycle 5E dengan keterampilan proses sains peserta didik diperoleh rxy = 0,82 dengan tingkat korelasi sangat kuat dan r2 = 68,11% dengan kontribusi kuat.