DETAIL DOCUMENT
Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Berbantuan e-LKPD dan Korelasinya dengan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik pada Materi Asam Basa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Sari, Intan Aulia
Haryanto, Haryanto
Dewi, Fatria
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-04-29 01:55:33 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) berbantuan e-LKPD dengan keterampilan proses sains peserta didik di SMAN 4 Kota Jambi pada materi asam basa pada tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) oleh guru maupun peserta didik dan lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik. untuk melihat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran POE dengan berbantuan e-LKPD terhadap keterampilan proses sains peserta didik dilakukan uji korelasi product momen pearson dan determinasi. Hasil penelitian diperoleh nilai korelasi (r)=0,86 dengan kategori sangat kuat. Dengan Koefisien determinasinya = 74% dengan kategori kuat. Hal ini berarti terdapat kontribusi penggunaan model predict observe explain (POE) sebesar 74% terhadap keterampilan proses sains peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi pelaksanaan model predict obseve explain berbantuan e-LKPD dengan keterampilan proses sains peserta didik pada materi asam basa di kelas XI IPA 5 SMAN 4 Kota Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi