DETAIL DOCUMENT
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
SARGANDI, M
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-05-08 15:24:11 
Abstract :
Sargandi. M. 2020. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Divergen Peserta Didik Di Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Faizal Chan, M.Si, Pembimbing (2) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Kata Kunci: Strategi guru, Berpikir Divergen Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir divergen peserta didik di sekolah dasar. Penelitian dilakukan pada kelas IV SD Negri 111/I Muara Bulian pada tanggal 02 Desember sampai 15 Februari 2020. Data penelitian ini diperoleh melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif menggunakan teori teknik analisis model Miles dan Humberman yang terdiri atas reduksi, penyajian dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir divergen peserta didik dapat melalui model, pendekatan, dan metode pembelajaran. Untuk penggunaan model sendiri menggunakan kooperatife tipe jigsaw dan problem base learning. Pendekatan sendiri menggunakan MIKiR, dan banyak menggunakan metode diskusi dan penugasan. 2. Dalam hal kemampuan berpikir divergen sendiri sudah terlihat kempuan tersebut secara signifikan meningkat. Beberapa hal yang mampu membuat kemampuan berpikir ini menigkat yaitu disebabkan pengoptimalan strategi pembelajaran oleh guru serta pembiasaan kepada peserta didik untuk mampu berpikir dengan baik. 3. Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat kemampuan berpikir divergen sendiri diantaranya : IQ dari peserta didik, sarana dan prasaranan, serta keikut sertaan orang tua dalam meningkatkan kemampuan berpikir dari peserta didik itu sendiri. Strategi guru yang digunakan dalam meningkatkan kemampuan berpikir divergen dengan cara pengoptimalan strategi, yang mana dari hasil pengoptimalan strategi sendiri akan menghasilkan kemampuan berpikir divergen yang meningkat secara signifikan dalam proses pembelajaran. Beberapa faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan berpikir divergen peserta didik, namun faktor penghambat tersebut tidak menjadi suatu masalah bagi guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir divergen peserta didik disekolah dasar. 
Institution Info

Universitas Jambi