DETAIL DOCUMENT
Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan MIKiR Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
ZAIN, MUHAMMAD HAFIZ
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-05-11 02:34:05 
Abstract :
ABSTRAK Zain, 2020. Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar Pada Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan MIKiR di Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Drs. Andi Suhandi, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Hendra Budiono, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Pendekatan MIKiR, Keterampilan Proses Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses dasa pada pembelajaran IPA serta implementasikan pendekatanMIKiR pada pembelajaran IPA di kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 64/I Muara Bulian pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Adapun penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari II siklus dengan prosedur penelitian diawali dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dam refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 64/I Muara Bulian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan MIKiR dapat meningkatkan keterampilan proses dasar pada pembelajaran IPA kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 64/I Muara Bulian. Hasil observasi terhadap indikator mengalami. Interaksi, komunikasi, dan refleksi berimplikasi terhadap keterampilan proses dasar siswa, dengan persentase pada siklus I sebesar 76,3% dengan kategori baik, mengalami peningkatan sebesar 44,3%. Siklus II juga mengalami peningkatan dari siklus I, yaitu 84,8%, mengalami peningkatan sebesar 8,5%, dan berada dalam kategori sangat baik. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan pendekatan MIKiR pada pembelajarab IPA di kelas IV B Sekolah Dasar Negeri 64/I Muara Bulian. Disarankan agar guru lebih menekankan pada keterampilan dasar siswa dalam pembelajaran IPA, karena guru memegang peran penting dalam kegiatan pembelajaran. Dan siswa harus dilatih mencari tahu konsep-konsep dengan melakukan penelitian yang sistematis. 
Institution Info

Universitas Jambi