Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri No.55/I Sridadi, Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Jambi. Waktu pelaksanaan penelitian di sesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan, yaitu pada semester genap Tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis HOTS pada muatan pelajaran bahasa Indonesia di kelas tinggi, (2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis HOTS pada muatan pelajaran bahasa Indonesia di kelas tinggi, dan (3) Evaluasi pembelajaran berbasis HOTS pada muatan pelajaran bahasa Indonesia di kelas tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru kelas IV A dan V A. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil observasi pembelajaran berbasis HOTS pada muatan pelajaran bahasa Indonesia, kemudian wawancara mendalam terhadap cara guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis HOTS pada muatan pelajaran bahasa Indonesia, serta dokumentasi berupa RPP dan lembar evaluasi yang digunakan pada proses pembelajaran. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif menggunakan teori teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi, penyajian, dan pengambilan kesimpulan. Hasil Penelitian ini mendeskripsikan bahwa: 1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat dan digunakan oleh guru kelas IV A dan V A memuat aspek Higher Order Thinking Skills (HOTS) dilihat dari tujuan pembelajaran yang terdapat didalam RPP, dalam tujuan pembelajaran menggunakan kata kerja operasional (KKO) yang terdapat pada tingkat kognitif C4-C5. 2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang dilakukan oleh guru kelas IV A dan V A pada muatan pelajaran bahasa Indonesia melakukan kegiatan C4 (analisis), C5 (evaluasi), C6 (mencipta), 3) Evaluasi pembelajaran memuat penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang berbasis HOTS.