Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan peserta didik dalam melakukan komunikasi interpersonal di kelas IV A SDN 112/I Perumas.
Penelitian ini dilakukan di SDN 112/I Perumnas pada semester genap tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan tes lisan kemampuan komunikasi interpersonal yang diberikan kepada peserta didik dengan menggunakan validsi isi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas IV A SDN 112/I Perumnas pada tingkat keterampilan berbicara, diperoleh rata-rata sebesar 57,77 dan berada pada kategori cukup, pada tingkat keterampilan bertanya, diperoleh rata-rata sebesar 65,92 dan berada pada kategori cukup, pada tingkat keterampilan memulai komunikasi, diperoleh rata-rata sebesar 68,14 dan berada pada kategori cukup, pada tingkat keterampilan sopan santun, diperoleh rata-rata sebesar 77,77 dan berada pada kategori tinggi, pada tingkat keterampilan meminta maaf ketika merasa bersalah, diperoleh rata-rata sebesar 76,29 dan berada pada kategori tinggi, pada tingkat keterampilan cepat tanggap dan bertanggung jawab, diperoleh rata-rata sebesar 74,07 dan berada pada kategori tinggi, pada tingkat keterampilan perhatian dan kepedulian, diperoleh rata-rata sebesar 71,11 dan berada pada kategori tinggi, pada tingkat keterampilan memiliki empati, diperoleh rata-rata sebesar 80,74 dan berada pada kategori tinggi, dan pada tingkat keterampilan mendengarkan, diperoleh rata-rata sebesar 55,55 dan berada pada kategori rendah. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik kelas IV A SDN 112/I Perumnas berada pada kategori cukup dengan rata-rata total dari setiap tingkatan komunikasi interpersonal adalah 69,54.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, diharapkan kepada guru untuk lebih memperhatikan peserta didik dalam kegiatan komunikasi interpersonal. Guru bisa mengunakan berbagai metode pembelajaran yang menuntut anak untuk melakukan komunikasi interpersonal seperti diskusi dengan teman sebangku atau kelompok.