DETAIL DOCUMENT
Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills di Sekolah Dasar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Samosir, Windy Lara S.
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-05-11 02:40:55 
Abstract :
ABSTRAK Samosir, Windy Lara S. 2020. Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills: Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. Eko Kuntarto, M.Pd., (II) Alirmansyah, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : kemampuan guru, pembelajaran, Higher Order Thinking Skills Pembelajaran berbasis keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thingking Skills merupakan pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk dapat berpikir secara kritis, kreatif dan mampu menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripisikan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills di SD Negeri No.55/I Sridadi tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri No.55/I Sridadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi yang bertujuan untuk mengungkapkan suatu fenomena berdasarkan situasi yang dikaji secara murni. Data dari penelitian ini diperoleh melalui observasi pengamatan pada kegiatan pembelajaran, kemudian didukung dengan wawancara pada pihak yang terkait serta dengan menggunakan dokumentasi sebagai data pendukung kegiatan penelitian. Data tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills di SD Negeri No.55/I Sridadi sudah dikategorikan baik. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang digunakan sudah memuat unsur Higher Order Thinking Skills dan pada pelaksanaannya meliputi tahap analisis (C4), evaluasi (C5) dan mencipta (C6). Penggunaan media pembelajaran sangat membantu peserta didik dalam berpikir kritis, adapun model pembelajaran yang digunakan guru ialah model pembelajaran kontekstual, inquiry, dan problem solving. Simpulan dari hasil penelitian ini yaitu kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills di SD Negeri No.55/I Sridadi sudah dikategorikan baik, artinya guru telah berhasil dalam melaksanakan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills di sekolah dasar dengan baik. 
Institution Info

Universitas Jambi