DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK DI SDN 111/I MUARA BULIAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Fitrilia, Indah
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-05-11 02:41:41 
Abstract :
Indah Fitrilia. 2020. Implementasi Kegiatan Pengembangan Diri dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik di SDN 111/1 Muara Bulian: Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Ahmad Hariandi, S.Pd.I.,M.Ag. Kata Kunci: Kegiatan pengembangan Diri, Karakter Religius. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan pengembangan diri dalam membentuk karakter religius peserta didik di SDN 111/I Muara Bulian dan faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam mengimplementasikannya. Penelitian ini dilakukan di SDN 111/1 Muara Bulian pada 15 Januari sampai 29 Februari 2020. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian data dideskripsikan secara kualitatif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pelaksanaan, hasil dan evaluasi dari implementasi kegiatan pengembangan diri. Kegiatan pengembangan diri berupa kegiatan keagamaan dalam 4 bentuk kegiatan.kegiatan ini sudah mencapai hasil yang baik dilihat dari tujuan yang sudah dicapai. Mendeskripsikan tentang faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kegiatan pengembangan diri yaitu adanya perbedaan sikap peserta didik ketika dirumah dan disekolah, ada beberapa orang tua peserta didik yang kurang mendukung dan memperhatikan kegiatan peserta didik, masih terdapat peserta didik yang telat berangkat sekolah, itu merupakan faktor penghambat dalam pelaksanaan kegiatan pengembangan diri. Selanjutnya untuk faktor pendorong yaitu, adanya keinginan dan memiliki tujuan yang sama, adanya dukungan dari wali murid sangat membantu demi kelancaran seluruh kegiatan sekolah. dukungan dari orang tua murid sangat membantu sekolah untuk selalu memberikan yang terbaik bagi peserta didik, faktor kematangan peserta didik juga sangat mendukung, antusias peserta didik yang sangat tinggi dalam mengikuti kegiatan pengembangan diri. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dapat menjadikan sebagai bahan masukan bagi penyempurna dalam implementasi kegiatan pengembangan diri dalam membentuk karakter religius peserta didik. 
Institution Info

Universitas Jambi