Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru pengguna aplikasi
edmodo sebagai alat bantu kegiatan belajar di SD Islam Al-Falah Jambi. Persepsi
guru pengguna aplikasi edmodo ditinjau dari indikator persepsi kebermanfaatan
(perceived usefulness), persepsi kemudahan penggunaan (perceived easy of use),
dan persepsi kepuasan pengguna (perceived user satisfaction).
Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Al-Falah Jambi. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengukur persepsi guru
pengguna aplikasi edmodo sebagai alat bantu kegiatan belajar. Peneliti memilih
teknik sampel jenuh, dikarenakan seluruh populasi menjadi sampel yaitu seluruh
pengguna aplikasi edmodo yang berjumlah 9 orang guru. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan kuesioner. Peneliti mendeskripsikan hasil
penyebaran kuesioner dari data yang bersifat kuantitatif. Sebelum dibagikan
kuesioner, peneliti melakukan validasi kuesioner dengan menggunakan validasi isi.
Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru pengguna aplikasi edmodo
sebagai alat bantu kegiatan belajar di SD Islam Al-Falah Jambi, pada indikator
persepsi kebermanfaatan (perceived usefulness), diperoleh pesentase rata-rata
sebesar 80,185% berada pada kriteria baik, indikator persepsi kemudahan
penggunaan (perceived easy of use), diperoleh persentase rata-rata sebesar 82,98%
berada pada kriteria baik, dan indikator persepsi kepuasan pengguna (perceived
user satisfaction), diperoleh persentase rata-rata sebesar 84,72% berada pada
kriteria baik. Persepsi guru pengguna aplikasi edmodo sebagai alat bantu kegiatan
belajar dari tiga indikator diperoleh persentase rata-rata sebesar 81,44%, sehingga
dapat disimpulkan bahwa persepsi guru pengguna aplikasi edmodo sebagai alat
bantu kegiatan belajar di SD Islam Al-Falah Jambi dikategorikan baik.
Dari hasil penelitian ini disarankan agar kepala sekolah hendaknya terus
memberikan fasilitas dan dorongan kepada guru-guru untuk memanfaatkan
Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) sebagai kepentingan pembelajaran.
Disamping itu, guru hendaknya terus memperbanyak ilmu pengetahuan di era
digital dan meningkatkan kompetensi yang harus dimiliki guru serta terus
menggunakan Aplikasi Edmodo sebagai alat bantu kegiatan belajar di era digital.
Kata Kunci: persepsi guru, aplikasi edmodo, alat bantu kegiatan belajar