DETAIL DOCUMENT
Pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai Model Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Yanti, Minanti Tirta
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-05-11 04:39:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Portal Rumah Belajar Kemendikbud dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian yakni purposive sampling dengan subjek penelitian adalah guru yang telah memanfaatkan Portal Rumah Belajar Kemendikbud dalam proses pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berisi deskripsi tentang hasil observasi pembelajaran dan wawancara guru mengenai fitur-fitur yang dimanfaatkan dalam Portal Rumah Belajar, aktivitas pembelajaran dan langkah- langkah yang dilakukan guru dalam memanfaatkan Portal Rumah Belajar Kemendikbud sebagai model pembelajaran daring di sekolah dasar. Penelitian dilaksanakan di kelas IVA SD Negeri 13/I Muara Bulian dan kelas VA SD Negeri 112/I Perumnas, Muara Bulian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa fitur yang telah dimanfaatkan guru dalam pembelajaran yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik (BSE), dan Bank Soal. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan guru dalam memanfaatkan Portal Rumah Belajar Kemendikbud yaitu dimulai dari persiapan dan pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran memuat kegiatan pembuka, inti dan penutup. Setelah dikaji, metode yang digunakan guru dalam memanfaatkan Portal Rumah Belajar pada saat proses pembelajaran dapat dikelompokkan dalam (1) Presentasi Klasikal/ Demonstrasi, (2) Diskusi Kelompok Kecil dan (3) Pembelajaran Individual. Kata kunci: portal rumah belajar, model pembelajaran daring 
Institution Info

Universitas Jambi