Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Portal Rumah
Belajar Kemendikbud dalam proses pembelajaran di Sekolah Dasar. Penelitian ini
merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik sampling yang
digunakan dalam penelitian yakni purposive sampling dengan subjek penelitian
adalah guru yang telah memanfaatkan Portal Rumah Belajar Kemendikbud dalam
proses pembelajaran di kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berisi deskripsi tentang hasil
observasi pembelajaran dan wawancara guru mengenai fitur-fitur yang
dimanfaatkan dalam Portal Rumah Belajar, aktivitas pembelajaran dan langkah-
langkah yang dilakukan guru dalam memanfaatkan Portal Rumah Belajar
Kemendikbud sebagai model pembelajaran daring di sekolah dasar.
Penelitian dilaksanakan di kelas IVA SD Negeri 13/I Muara Bulian dan kelas VA
SD Negeri 112/I Perumnas, Muara Bulian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
beberapa fitur yang telah dimanfaatkan guru dalam pembelajaran yaitu Sumber
Belajar, Buku Sekolah Elektronik (BSE), dan Bank Soal. Langkah-langkah
pembelajaran yang dilakukan guru dalam memanfaatkan Portal Rumah Belajar
Kemendikbud yaitu dimulai dari persiapan dan pelaksanaan pembelajaran.
Pelaksanaan pembelajaran memuat kegiatan pembuka, inti dan penutup. Setelah
dikaji, metode yang digunakan guru dalam memanfaatkan Portal Rumah Belajar
pada saat proses pembelajaran dapat dikelompokkan dalam (1) Presentasi
Klasikal/ Demonstrasi, (2) Diskusi Kelompok Kecil dan (3) Pembelajaran
Individual.
Kata kunci: portal rumah belajar, model pembelajaran daring