Abstract :
ABSTRAK
Intan. F.M. 2019. Kemampuan Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS (Higher Order Thinking Skills) pada Pembelajaran Matematika di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 55/1 Sridadi: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dr. Drs. Eko Kuntarto, M.Pd Pembimbing (II) Alirmansyah, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci : Soal HOTS, Pembelajaran Matematika
Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan suatu instrumen yang menilai kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sehingga siswa tidak hanya sekedar mengingat ataupun menyatakan kembali namun siswa diharapkan mampu mengembangkan ide dan gagasannya. Berkaitan dengan kemampuan berpikir yang diukur, soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) digunakan untuk menilai keterampilan berpikir menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mengkreasi (C6). Salah satu pembelajaran yang diujikan dalam soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika dapat melatih siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan logis dan juga melibatkan kemampuan nalar siswa dalam memecahkan masalah sehari-hari.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran matematika di kelas VA SD Negeri 55/I Sridadi pada level menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta tahun pelajaran 2019-2020.
Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 55/I Sridadi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes tentang kemampuan siswa mengerjakan soal HOTS pada pembelajaran matematika yang diberikan kepada siswa dengan meggunakan validitas isi, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam mengerjakan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran matematika kelas V A SD Negeri55/I Sridadi pada level soal menganalisis diperoleh skor rata-rata sebesar 67,72 dengan kategori cukup baik, soal level mengevaluasi diperoleh skor rata-rata sebesar 56,81 dengan kategori cukup baik, dan level mencipta diperoleh skor rata-rata sebesar 65,00 dengan kategori cukup baik. Secara keseluruhan kemampuan siswa dalam mengerjakan soal HOTS pada pembelajaran matematika pada kelas tersebut cukup baik. Hal tersebut dikarenakan skor rata-ratanya sebesar 63,17 pada kategori cukup baik.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam mengerjakan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada pembelajaran matematika kelas VA SD Negeri 55/I Sridadi berada pada kategori cukup baik, artinya siswa sudah cukup baik dalam mengerjakan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) baik itu soal yang mengandung level C4, C5, maupun C6.