DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN KONSEP ADIWIYATA DALAM MENDUKUNG KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SD NEGERI 34/1 TERATAI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Piolita, Sulgi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-05-15 02:50:36 
Abstract :
Piolita, Sulgi. 2020. Penerapan Konsep Adiwiyata dalam Mendukung Karakter Peduli Lingkungandi SD Negeri 34/1 Teratai. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Dra. Destrinelli, M.Pd., (II)Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag. Kata kunci : adiwiyata, peduli lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan sekolah adiwiyata dalam mendukung karakter peduli lingkungan di SD Negeri 34/1 Teratai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah selaku ketua tim pelaksana program adiwiyata di sekolah. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berisi deskripsi tentang hasil observasi dan wawancara kepala sekolah mengenai penerapan sekolah adiwiyata dan usaha-usaha yang dilakukan untuk membentuk sekolah adiwiyata dan perannya dalam mendukung karakter peduli lingkungan di sekolah. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 34/1 Teratai, kecamatan Muara Bulian. Kabupaten Batanghari, Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menerapkan sekolah adiwiyata dilaksanakan berdasarkan 4 komponen adiwiyata, yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan.Usaha-usaha yang harus dilakukan dalam mewujudkan sekolah adiwiyata berupa langkah-langkah menuju sekolah adiwiyata yaitu seperti membentuk tim adiwiyata sekolah, menyusun kajian lingkungan sekolah, penyusunan rencana aksi lingkungan, pelaksanaan aksi lingkungan, dan evaluasi dan monitoring. Penerapan sekolah adiwiyata di SD Negeri 34/1 Teratai dalam menumbuhkan dan mendukung nilai karakter peduli lingkungan ditinjau dari tiga aspek, yaitu aspek program pengembangan diri, pengintegrasian ke dalam mata pelajaran dan budaya sekolah. 
Institution Info

Universitas Jambi