Abstract :
Fajar, Muhammad Rizky. 2020. Pengembangan Modul Elektronik Pembelajaran Matematika
Berbasis Etnokonstruktivisme Rumah Adat Batanghari Menggunakan Aplikasi
3D Pageflip Professional Untuk Kelas V Sekolah Dasar. Pembimbing: (I) Prof.
Dr. rer. nat. Asrial, M. Si, (II) Hendra Budiono, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Modul Elektronik, Etnokonstruktivisme, 3D Pageflip Professional.
Kearifan lokal merupakan budaya setempat yang berhubungan dengan alam sekitar yang
perlu dilestarikan dan direvitalisai agar tidak lapuk termakan oleh zaman. Kearifan lokal juga
dijadikan sebagai pandangan hidup masyarakat setempat, karenamemuat nilai-nilai yang
dapat membentuk karakter peserta didik. Salah satu kearifan lokal yang terdapat di Provinsi
Jambi yaitu Rumah Adat Batanghari. Rumah Adat Batanghari memiliki nilai sosial dan nilai
religius, serta bentuk dari rumah adat Batanghari dapat dikaitkan dengan pembelajaran
Matematika. Oleh karena itu, sangat diperlukan bahan ajar pembelajaran matematika yang
berbasis etnokonstruktivisme Rumah Adat Batanghari. Seiring dengan perkembangan TIK,
maka bahan ajar dikembangkan dalam bentuk modul elektronik yang layak dan praktis.
Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri No. 80/I Muara Bulian pada semester
genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan
(Research and Development), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang
terdiri dari 5 tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation.
Subjek penelitian ini peserta didik kelas VA Sekolah Dasar Negeri No. 80/I Muara Bulian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepraktisan modul elektronik berbasis
budaya lokal yang diperoleh dari respon guru kelasVA mendapatkan jumlah skor nilai 63
dengan kategori ?sangat praktis?, angket respon guru kelas VB mendapatkan jumlah skor
nilai 63 dengan kategori ?sangat praktis?.Sedangkan hasil penilaian angket respon peserta
didik kelas VA SD Negeri 80/I Muara Bulian dengan persentase nilai sebesar 85,5% yang
termasuk kategori ?sangat praktis?, angket minat peserta didik kelas VA SD Negeri 80/I
Muara Bulian dengan persentase nilai sebesar 88,1% yang termasuk kategori ?sangat
praktiss?, dan angket persepsi peserta didik kelas VA SD Negeri 80/I Muara Bulian dengan
persentase nilai sebesar 84% yang termasuk kategori ?sangat praktiss?.
Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengembangan modul elektronik pembelajaran
sosial berbasis etnokonstruktivisme Rumah Adat Batanghari menggunakan aplikasi 3D
Pageflip Professionaluntuk kelas V sekolah dasar valid dan praktis untuk digunakan dalam
proses pembelajaran serta dapat mengenalkan kebudayaan daerah yang ada pada Kabupaten
Batanghari Provinsi Jambi.