DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) GURU SEKOLAH DASAR DI KELAS RENDAH DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Karmila, Ranti
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-05-15 03:06:23 
Abstract :
Karmila, Ranti (A1D116124): Analisis kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Sekolah Dasar Di Kelas Rendah dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Kata Kunci: Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Kemampuan TPACK Tujuan penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi di era saat ini yang sudah semakin canggih dan maju. Teknologi tidak hanya dimanfaatkan dalam bidang industri, tetapi juga dalam bidang pendidikan. Hal ini menuntut kemampuan TPACK guru untuk bisa memanfaatkan teknologi yang ada ke dalam proses akademik. Untuk memujudkan hal tersebut guru tentunya harus memiliki keterampilan khusus dalam hal memanfaatkan TIK. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang Analisis kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Sekolah Dasar Kelas Rendah dalam Memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode dari jenis penelitian deskriptif yaitu metode survei sehingga dalam penelitian ini tidak perlu merumuskan hipotesis. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling, dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi. Data penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil analisis jawaban setiap butir item pertanyaan/pernyataan pada angket/kuesioner yang dibagikan kepada seluruh guru kelas rendah. Data yang didapatkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif persentase dengan beberapa langkah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) guru sekolah dasar di kelas rendah dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 47/IV Kota Jambi sudah baik dan sudah mampu memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) berupa kebutuhan media pembelajaran, penguasaan keterampilan menggunakan TIK, kemampuan dalam menggunakan TIK, pemahaman terhadap TIK. Hal ini ditandai dengan persentase perolehan nilai angket oleh guru kelas rendah di SD tersebut termasuk ke dalam kriteria tinggi yaitu 74,10%. 
Institution Info

Universitas Jambi