Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana strategi yang dapat digunakan guru untuk mengembangkan nilai praktis sila kelima pancasila dalam proses pembelajaran tematik pada peseta didik kelas I SDN 36/I Kilangan. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 6 Januari hingga 17 Februari 2020. penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dimana data diperoleh dari teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang bersumber dari guru, peserta didik, kepala sekolah dan orang tua peserta didik. Kemudian data dianalisis menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman yaitu reduksi, penyajian dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini memiliki hasil bahwa : Pengembangan nilai-nilai karakter pada pembelajaran dilakukan melalui tahapan-tahapan pembentukan karakter. Dalam proses pembelajarannya guru menggunakan beberapa upaya strategi pembelajaran yang sudah bermuatan karakter. Strategi yang telah dilaksanakan diantaranya starategi PAIKEM, cooperative learning dan inquiry, serta ceramah bervariasi membiasakan peseta didik untuk selalu membaca, diskusi. Strategi lainnya yan digunakan guru dalam menanamkan dan mengembangkan nilai praktis pancasila khususnya sila ?Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia? pada pembelajaran tematik di kelas I SDN 36/I Kilangan yaitu : 1) Keteladanan/contoh dibuktikan bahwa guru sudah menjadi contoh/teladan yang baik bagi peserta didik khususnya dalam menerapkan sikap kekeluargaan, keseimbangan antara hak dan kewajiban, dan bekerja keras. 2) Kegiatan spontan seperti meminta sumbangan untuk menjenguk teman yang sakit guna menanamkan sikap peduli sosial. 3). Strategi teguran dilakukan untuk mengingatkan peserta didik yang melanggar nilai-nilai pancasila dan aturan sekolah, kemudian melakukan pembinaan yang bersifat personal dan tidak menyudutkan peserta didik. 4) Strategi melalui pengkondisian lingkungan juga terlihat dari tersedianya sarana prasarana yang mendukung keterlaksanaan dari sikap nilai pancasila. 5). Strategi melalui kegiatan rutin yaitu dengan adanya pengintegrasian butir sikap pancasila pada perangkat pembelajaran seperti RPP, mulai dari penggunaan strategi dan teknik pembelajaran yang rutin dilaksanakan setiap hari dalam proses pembelajaran tematik. Strategi ini tentunya harus dilakukan guru dan seluruh warga sekolah demi tercapainya lingkungan yang berlandaskan nilai-nilai pancasila yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia