Abstract :
ABSTRAK
Rahayu, Novi. P, 2020 ?Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Melalui Metode Bermain Peran Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Mendalo Darat?. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si (2) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd.
Kata Kunci : Kognitif, Berfikir Simbolik, Metode Bermain Peran
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak usia 5-6 tahun pada kemampuan berfikir simbolik di TK Dharma Wanita Mendalo Darat belum optimal dan belum mencapai indikator keberhasilan sesuai tahapan usianya, di antaranya anak masih banyak yang kesulitan ketika mencocokan bilangan dengan lambang bilangan, serta kesulitan dalam menyebutkan berbagai macam lambang huruf vocal dan konsonan.
Tujuan penelitian ini untuk dapat mengetahui tingkat capaian kemampuan berfikir simbolik anak sebelum dan setelah diberikan tindakan melalui metode bermain peran, manfaat dari penelitian ini ialah untuk dapat meningkatkan perkembangan konitif pada kemampuan berfikir simbolik anak melalui metode bermain peran pada kelompok B di TK Dharma Wanita Mendalo Darat.
Kemampuan berfikir simbolik anak sebelum adanya tindakan masih belum berkembang dengan baik dengan nilai 26,6% dalam kategori sangat tidak setuju. Setelah dilakukan penelitian pada siklus I dengan menggunakan metode bermain peran anak mengalami peningkatan pada pertemuan IV menjadi 74,13%. Kemampuan berfikir simbolik anak sudah mengalami peningkatan namun belum mencapai ketuntasan yang telah ditentukan sehingga dilanjutkan pada siklus II. Kegiatan pada siklus II yang dilakukan yaitu penulis ikut langsung dalam kegiatan bermain peran dan memberikan reward kepada anak hingga anak mengalami peningkatan sebesar 87,46% dan telah melampaui batas ketuntasan yaitu 80%, oleh karena itu penelitian dihentikan pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan kognitif pada kemampuan berfikir simbolik anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Mendalo Darat dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran, dengan kegiatan pendukung berupa penulis ikut bermain dan pemberian reward kepada anak.