DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS ANAK USIA DINI DI TK IT AN-NAHL KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
GAYANTRI, ITZIMA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-05-15 03:01:25 
Abstract :
Gayantri. Itzima 2020. Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini di TK IT An-Nahl Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing (I) Nyimas Muazzomi,S.Ag., M.Pd.I., (II) Dr. Haryanto, M.Kes. Kata Kunci: Metode Discovery Learning, Kemampuan Berpikir Kritis Latar belakang penelitian ini yaitu pentingnya melatih kemampuan berpikir kritis anak sejak dini. dengan metode discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis anak sebelum dan sesudah diberi perlakuan metode discovery learning dan apakah terdapat pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini di TK IT An-Nahl Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pre-experimental design, one group pretest-posttest design. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik uji T berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebelum diberi perlakuan metode discovery lerning sebesar 35,58 meningkat menjadi 79,47. Selain itu hasil t hitung = 33,50 lebih besar dari t table = 2,119. Berdasarkan perhitungan tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis anak usia dini di TK IT An-Nahl Kota Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi