Institusion
Universitas Jambi
Author
Aisyah Husna, Rifa
Haryanto, Haryanto
Sanova, Aulia
Subject
L Education (General)
Datestamp
2020-06-29 07:54:04
Abstract :
ABSTRAK
Husna, R.A. 2020. Analisis Keterlaksanaan Model Think Pair Share (TPS) dan Korelasinya dengan Hasil Belajar Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X MIPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Dr. Haryanto, M.Kes, Pembimbing II: Aulia Sanova, S.T, M.Si
Kata kunci: Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar dan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit
Dalam proses pembelajaran dibutuhkan model pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Model Think Pair Share (TPS) merupakan model yang memungkinkan siswa untuk lebih aktif dan bertanggung jawab penuh untuk memahami materi pelajaran baik secara kolektif maupun individual. Model ini membantu siswa untuk berpikir, berpasangan, dan berbagi antar teman sekelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) dan korelasinya dengan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X MIPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas X MIPA 1. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) baik dari guru maupun dari siswa dan tes essay. Untuk melihat hubungan keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) dengan hasil belajar siswa dilakukan uji korelasi product moment.
Keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) oleh siswa sebesar 77,62% dengan kategori baik dan persentase hasil belajar siswa sebesar 72,54%. Korelasi keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) dengan hasil belajar siswa diperoleh rxy=0,75 dengan tingkat hubungan kuat.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat korelasi keterlaksanaan model Think Pair Share (TPS) dengan hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikelas X MIPA SMA Islam Al-Falah Kota Jambi.