Abstract :
Putri, A, J. 2020. Analisis Pencapaian Keterampilann Komunikasi Pada Proses Pembelajaran di Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Juruan Ilmu Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (1) Drs. Arsil,. M.Pd, (2) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Komunikasi, Proses Pembelajaran
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pencapaian keterampilan komunikasi pada proses pembelajaran dan faktor yang mempengaruhi pada peserta didik kelas VA SD Negeri 64/1 Muara Bulian.
Penelitian ini dilakukan di SDN 64/I Muara Bulian yang berlokasi di Rengas Condong, Muara Bulian Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi dan dilaksanakan pada semester genap Tahun Ajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendektann kualitatif dengan jenis penelitian ednografi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahwa peserta didik mampu menyelesaikan tugas yang diberikan guru dengan baik, walaupun ada beberapa peserta didik yang mennyelesaikannya sambil bermain. Dalam penyampaian gagasan secara lisan sudah baik, meskipun masih ada peserta didik yang malu-malu. Penggunaan komunikasi dalam berbagai tujuan sudah mulai dilaksanakan, hal ini dibuktikan dengan adanya tutor sebaya. Peserta didik juga sudah mampu untuk melakukan percobaan serta membuat laporan hasil percobaan kemudian menyampaikan hasil dari percobaan tersebut. Faktor yang dapat mempengaruhi keterampilan komunikasi yaitu: faktor percaya diri, faktor memahami materi, faktor kesempatan dan faktor penggunaan bahasa.
Simpulan dari hasil temuan penelitian di atas yaitu bahwa kegiatan keterampilan komunikasi yang dimiliki peserta didik dapat dilakukan secara individu dan kelompok, kecuali kemampuan untuk menggunakan komunikasi dalam berbagai tujuan yang tidak bisa dilakukan secara individu. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru lebih membiasakan pembelajaran yang aktif bagi peserta didika agar peserta didik dapat lebih terbiasa dalam keterampilan komunikasi yang dimilikinya sehingga memiliki bekal komunikasi yang baik untuk jenjang pendidikan selanjutnya.