Abstract :
ABSTRAK
Dawiyah, 2020 Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Script Di Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd., (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci : Cooperative Script, keterampilan berbicara.
Proses pembelajaran akan lebih bermakna apabila model pembelajaran yang diterapkan dapat melibatkan keterampilan berbicara siswa. Keterampilan berbicara siswa merupakan dasar penting dalam keberhasilan proses pembelajaran, dalam pembelajaran siswa dituntut untu mengemukakan pendapat dan menanggapi. Oleh karena itu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dapat dilakukan dengan cara salah satunya penggunaan model pembelajaran Cooperative Script.
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 182/1 Hutan Lindung Muara Bulian pada smester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari II siklus dengan prosedur diawali dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 182/1 Hutan Lindung Muara Bulian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penggunaan model pembelajaran Cooperative Script di kelas IV SD Negeri 182/1 Hutan Lindung. Hasil observasi terhadap indikator keterampilan berbicara siswa yang terdiri dari kelancara berbicara, keruntutan berbicara, dan ketangkasan. Adapun presentase peningkatan keterampilan berbicara siswa pada siklus I dengan capaian presentase kelas sebesar 56% dengan kategori cukup, hal ini mengalami peningkatan pada siklus II dengan capaian presentase kelas sebesar 80% dengan kategori baik.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam proses pembelajaran di kelas IV SD Negeri 182/1 Hutan Lindung. Guru merupakan pemegang peran penting dalam pelaksanaan pembelajaran sudah semestinya meningkatkan kemampuan dalam mengajar, seperti memvariasikan model dan strategi yang tepat.