Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Asam Basa dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di Kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Akhiria, Wulantri Bakar, Abu Fuldiaratman, Fuldiaratman
Subject
L Education (General)
Datestamp
2020-06-29 07:56:02
Abstract :
Berdasarkan kurikulum 2013 peserta didik tidak hanya dituntut untuk
menghafal namun juga mampu memahami konsep secara mendalam sehingga
pembelajaran akan lebih bermakna. Untuk itu dalam proses pembelajaran perlu
dikembangkan keterampilan proses sains. Salah satu model pembelajaran yang
dianggap mampu mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik dalam
proses pembelajaran adalah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model
pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan pengaruhya terhadap keterampilan proses
sains peserta didik pada materi asam basa kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran
(mix method) dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan
sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 3. Instrumen
penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model
pembelajaran Inkuiri Terbimbing baik dari guru maupun dari peserta didik dan
lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik. Untuk melihat pengaruh
pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan keterampilan proses
sains peserta didik dilakukan uji korelasi product moment.
Pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing oleh peserta didik
sebesar 70.93% dengan kategori baik dan persentase keterampilan proses sains
peserta didik sebesar 73.37% dengan kategori baik. Pengaruh pelaksanaan model
pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan keterampilan proses sains peserta didik
diperoleh rxy=0.645 dengan tingkat pengaruh kuat. Hasil uji koefisien determinasi
pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan
proses sains peserta didik diperoleh Kd= 41.576% dengan tingkat pengaruh
sedang.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model
pembelajaran Inkuiri Terbimbing berjalan dengan baik dan memberikan pengaruh
dengan kategori sedang terhadap keterampilan proses sains pada materi asam basa
di kelas XI MIPA 3 SMAN 10 Kota Jambi.