DETAIL DOCUMENT
Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) pada Materi Asam Basa dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di Kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Akhiria, Wulantri
Bakar, Abu
Fuldiaratman, Fuldiaratman
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-06-29 07:56:02 
Abstract :
Berdasarkan kurikulum 2013 peserta didik tidak hanya dituntut untuk menghafal namun juga mampu memahami konsep secara mendalam sehingga pembelajaran akan lebih bermakna. Untuk itu dalam proses pembelajaran perlu dikembangkan keterampilan proses sains. Salah satu model pembelajaran yang dianggap mampu mengembangkan keterampilan proses sains peserta didik dalam proses pembelajaran adalah model pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan pengaruhya terhadap keterampilan proses sains peserta didik pada materi asam basa kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 3. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing baik dari guru maupun dari peserta didik dan lembar observasi keterampilan proses sains peserta didik. Untuk melihat pengaruh pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan keterampilan proses sains peserta didik dilakukan uji korelasi product moment. Pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing oleh peserta didik sebesar 70.93% dengan kategori baik dan persentase keterampilan proses sains peserta didik sebesar 73.37% dengan kategori baik. Pengaruh pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan keterampilan proses sains peserta didik diperoleh rxy=0.645 dengan tingkat pengaruh kuat. Hasil uji koefisien determinasi pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan proses sains peserta didik diperoleh Kd= 41.576% dengan tingkat pengaruh sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berjalan dengan baik dan memberikan pengaruh dengan kategori sedang terhadap keterampilan proses sains pada materi asam basa di kelas XI MIPA 3 SMAN 10 Kota Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi