DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN GURU DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
setianingtyas, wuri
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-05-18 02:00:12 
Abstract :
ABSTRAK Setianingtyas, Wuri. 2020. Analisis Kemampuan Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas IV Sekolah Dasar: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd, (II) Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: kemampuan guru, memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dikelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obervasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif yang berisi deskriptif tentang observasi pembelajaran dan wawancara bersama guru peserta didik dan kepala sekolah mengenai kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN 47/IV Kota Jambi pada tanggal 20 Januari 2020 sampai dengan tanggal 20 Maret 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah mampu memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi seperti memanfaatkan internet, laptop, quizizz, LCD proyektor dan speaker. Terlihat pada saat merencanakan, mengelolah dan melaksanakan proses pembelajaran guru dapat menyampaikan materi pembelajaran dengan baik dengan memanfaatkan media pembelaharan berbasis teknologi informasi dan komunikasi dan terlihat guru dapat mengoperasikan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang mana dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dapat menjadikan peserta didik menjadi aktif, semangat mengikuti proses pembelajaran, mudah memahami materi pembelajaran, dengan guru memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dapat memberikan manfaat baik untuk guru dan peserta didik. 
Institution Info

Universitas Jambi