Abstract :
ABSTRAK
Fathurrachman, Ali Hasyemi. 2020. Pengaruh Locus of control dan Promosi
penjualan terhadap Pembelian Impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi
Universitas Jambi : Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP
Universitas Jambi, Pembimbing (I) Prof. Dr. Drs. H. Ekawarna, M.Psi, (II)
Fachruddiansyah Muslim, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Locus of control, Promosi Penjualan, Pembelian Impulsif.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelian yang dilakukan oleh
mahasiswa yang dilakukan guna memenuhi kebutuhan sehari-harinya, namun
pembelian yang dilakukan terjadi secara impulsif. Dimana pada saat membeli
sebuah barang mahasiswa kerapkali membeli barang yang tidak direncanakan dan
secara tiba-tiba. Hal ini membuat banyaknya pengeluaran yang tidak terduga dan
mengakibatkan uang saku yang dimiliki lebih cepat habis. Diketahui bahwa
mahasiswa pendidikan ekonomi membeli barang secara impulsif. Hal ini
disebabkan oleh kurangnya lokus kendali diri (locus of control ) dimana setiap
manusia umumnya memiliki sebuah pengendalian diri dan seseorang tersebutlah
yang akan mengontrol apapun yang terjadi didalam dirinya. Selain itu faktor dari
toko seperti adanya promosi penjualan juga memberikan dampak yang cukup
besar ketika seseorang melakukan pembelian. Ajakan secara persuasif dari toko
yang mendorong ataupun mengajak seseorang untuk membeli sebuah produk dan
membeli produk dengan jumlah yang lebih.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pengaruh Locus of control
terhadap Pembelian Impulsif mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Jambi.
2) Pengaruh Promosi penjualan terhadap Pembelian Impulsif mahasiswa
pendidikan ekonomi Universitas Jambi. 3) Pengaruh Locus of control dan
Promosi penjualan terhadap Pembelian Impulsif mahasiswa pendidikan ekonomi
Universitas Jambi.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Prodi Pendidikan
Ekonomi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik
simple random sampling dengan jumlah responden 180 orang. Teknik
pengumpulan data berupa dokumentasi dan angket. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto serta teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis regresi berganda sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Terdapat pengaruh Locus Of
Control terhadap Pembelian Impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas
Jambi. 2) Terdapat pengaruh Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif
mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi. 3) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara Locus Of Control dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian
Impulsif mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Jambi.
Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh Locus Of Control dan Promosi Penjualan terhadap Pembelian Impulsif
mahasiswa, dengan koefisien determinasi (R2
) sebesar 0,578 atau 57,8%.
Berdasarkan simpulan disarankan agar mahasiswa lebih efisien dan lebih bisa
mengontrol diri dalam melakukan pembelian, bisa menggunakan uang saku yang
dimiliki secara efisien, serta dapat membeli barang atau produk sesuai kebutuhan.