Abstract :
ABSTRAK
Judul : Penggunaan Gawai Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Kota Jambi
Peneliti : Putri Pinti Handayani
Pembimbing : 1. Drs. Nelyahardi Gudji, M.Pd
2. Rully Andi Yaksa, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan merupakan usaha sadar yang diarahkan untuk meningkatkan dan mengarahkan potensi yang ada di dalam diri setiap siswa. Upaya tersebut melibatkan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi keberhasilan proses belajar siswa, salah satunya adalah penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Gawai merupakan sebuah alat kecil yang memiliki banyak kegunaan yang berkaitan dengan teknologi informasi. Namun demikian, di Kelas VII SMPN 5 Kota Jambi, telah teridentifikasi masalah yang berkaitan dengan penggunaan gawai, seperti perubahan prilaku siswa yang cenderung menjadi pasif, menutup diri, egois, tidak toleran, cepat bosan, menganggap mudah pada persoalan, ceroboh, mudah frustasi, sering bimbang dalam menentukan keputusan, arogan dan sombong. Namun, pada sisi lain harus diakui bahwa, prestasi belajar siswa Kelas VII SMPN, juga cukup baik. Untuk menegaskan ada tidaknya dampak penggunaan gawai terhadap prestasi belajar, maka diperlukan suatu penelitian yang mengkaji masalah tentang Penggunaan gawai terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 5 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh antara penggunaan gawai terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 5 Kota Jambi.
Populasi yang diteliti adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 345 siswa. Sampel dihitung dengan menggunakan rumus Slovin dan ditentukan sebanyak 77 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengukur penggunaan gawai siswa adalah angket, sedangkan prestasi belajar diambil dari hasil belajar siswa yang diperoleh dari wali kelas VII. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana. Namun demikian, sebelum dianalisis data diuji terlebih dahulu dengan uji normalitas dan linieritas.
Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata tingkat penggunaan gawai siswa adalah sebesar 233,23. Rata-rata prestasi belajar siswa adalah sebesar 79,14. Uji t memberikan hasil signifikansi sebesar 0.000, dan nilai r hasil perhitungan adalah sebesar 0,596
Penggunaan gawai oleh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi masuk dalam ketegori tinggi. Prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi masuk dalam kategori tinggi. Terdapat pengaruh yang cukup kuat antara penggunaan gawai terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan gawai memiliki pengaruh positif yang kuat terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 5 Kota Jambi.
Selanjutnya diharapkan guru BK lebih memperhatikan siswa yang mengalami masalah perilaku dan emosional karena penggunaan gawai, karena masalah tersebut memiliki pengaruh yang kuat terhadap prestasi belajar siswa.