DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENDUKUNG KETERAMPILAN ABAD 21 DI KELAS V SEKOLAH DASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
mulyani, jihan sri
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-06-11 01:56:26 
Abstract :
Mulyani, Jihan Sri. 2020. Implementasi Model Problem Based Learning dalam Mendukung Keterampilan Abad 21 di kelas V Sekolah Dasar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd (II) Agung Rimba Kurniawan, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Keterampilan Abad 21, Model Problem Based Learning Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara guru mengimplementasikan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) dalam Mendukung Keterampilan Abad 21 di Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian dilakukan di kelas V A SD Negeri Nomor 64/I Muara Bulian pada tanggal 13 Januari 2020 sampai 28 Februari 2020. Data penelitian diperoleh melalui proses Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif menggunakan teori teknik analisis model Miles dan Huberman yang terdiri atas Reduksi Data, Penyajian Data dan Pengambilan Kesimpulan. Hasil Penelitian Menunjukkan bahwa : (1) Melalui Implementasi Model Problem Based Learning di kelas V A Sekolah Dasar 64/I Muara Bulian dapat memberikan dampak positif dalam mengasah keterampilan abad 21. (2) Cara guru mengimplementasi Model Problem Based Learning untuk mendukung keterampilan Abad 21 di kelas V Sekolah dasar adalah menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, memberikan pengertian dan pemahaman tentang topik pembelajaran, memberikan kesempatan kepada peserta didik yang luas untuk mendiskusikan materi-materi yang telah dijabarkan, baik dalam individu maupun kelompok, memfokuskan perhatian terutama pada peserta didik yang cenderung pasif, tetap menghargai pendapat peserta didik meskipun pendapat peserta didik kurang tepat kemudian membetulkan dan memberikan penguatan sehingga peserta didik tidak takut untuk terus mencoba, serta guru menciptakan suasana yang menyenangkan atau tidak membosankan selama pembelajaran agar peserta didik tidak merasa takut dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan. 
Institution Info

Universitas Jambi