DETAIL DOCUMENT
Analisis Pemahaman Konsep Materi Listrik Dinamis dengan Resource Theory pada Siswa Kelas XII di SMAN 1, 8, 11 Muaro Jambi Tahun 2019/2020
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Tarigan, Kristina Br
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-06-11 04:02:06 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep siswa. Dalam analisis pemahaman konsep ada tiga cara untuk menganalisis pemahaman konsep, yaitu miskonsepsi, resource theory atau potongan pengetahuan, dan ontologis. Penelitian yang dilakukan adalah analisis pemahaman konsep berdasarkan resource theory dengan tujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa berdasarkan resource theory yang diaktivasi pada siswa SMA terkait materi listrik dinamis. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XII di SMAN 1 Muaro, SMAN 8 Muaro Jambi, dan SMAN 11 Muaro Jambi pada bulan November 2019. Dengan subjek penelitian sebanyak 72 siswa angkatan 2019/2020. Data penelitian diperoleh dengan cara menyebarkan tes berupa soal pilihan ganda beralasan sebanyak 7 butir kepada siswa mengenai materi listrik dinamis. Kemudian data yang telah diperoleh dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus persente. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata Analisis Pemahaman Konsep Materi Listrik Dinamis dengan Resource Theory pada Siswa Kelas XII di SMAN 1, 8, 11 Muaro Jambi Tahun 2019/2020 adalah 26,38% dari keseluruhan sampel yang diteliti. Hal ini menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang hanya mengerti potongan-potongan pengetahuan saja, sehingga masih banyak siswa yang belum dapat memahami dengan jelas konsep-konsep dasar listrik dinamis. 
Institution Info

Universitas Jambi