Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asam Basa di Kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Minannar, Desi Itqun Bakar, Abu Malik, Affan
Subject
L Education (General)
Datestamp
2020-06-16 02:37:51
Abstract :
Penelitian ini menganalisis pelaksanaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dan pengaruhya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa kelas XI MIPA SMAN 10 Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XI MIPA 4. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model pembelajaran TSTS baik dari guru maupun dari siswa dan soal tes essay siswa. Untuk melihat pengaruh pelaksanaan model pembelajaran TSTS dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment. Pelaksanaan model pembelajaran TSTS oleh siswa sebesar 67.36% dengan kategori baik dan persentase kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 71.68% dengan kategori baik. Pengaruh pelaksanaan model pembelajaran TSTS dengan kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh rxy=0.667 dengan tingkat pengaruh kuat. Hasil uji koefisien determinasi pelaksanaan model pembelajaran TSTS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh Kd= 44.45% dengan tingkat pengaruh sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran TSTS berjalan dengan baik dan memberikan pengaruh dengan kategori sedang terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi asam basa di kelas XI MIPA 4 SMAN 10 Kota Jambi.