Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Strategi guru dalam menanamkan sikap sosial
pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri No. 55/I Sridadi. 2) Mendeskripsikan Strategi guru
dalam menanamkan sikap sosial pada siswa kelas V melalui kegiatan di luar pembelajaran di
sekolah dasar negeri 55/1Sridadi 3) faktor pendukun dan penghambat pelaksaanaan strategi guru
dalam menanamkan sikap sosial.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif (kualitatif deskriptif). Pengumpulan data di lakukan
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi Selajutnya, temuan data hasil penelitian di analisis
melalui serangkaian analisis kualitatif, seperti melakukan prngumpulan data, mereduksi data yang
tidak relevan, menanjikan data,kemudian penarikan data. Uji keabsahan data menggunakan
triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil peneltian menujukan bahwa (1) strategi guru dalam menanamkan sikap sosial siswa kelas
VA melalui kegiatan pembelajaran SD Negeri 55/I Sridadi adalah dengan kerja kelompok,
(2)strategi guru dalam menanakan sikap sosial kelas V melalui kegiatan pembelajaran di luar
pembelajaran keteladanan, pembiasaan,dan pemberian sanksi atau Hukuman. Kemampuan guru
memberikan contoh sikap interaksi yang baik kepada siswa dan memberikan kalimat-kalimat
positif yang mengandung nilai sikap sosial saat pembelajaran. (3) Faktor yang mempengaruhi
pelaksaan strategi guru dalam menanamkan sikap sosial siswa kelas V SD Negeri 55/I Sridadi
adalah faktor internal dan faktor eksternal.Sikap sosial kelas V yang tampak adalah percaya diri,
disiplin diri dan tanggung jawab. Sedangkan yang kurang tampak adalah Sub.Indikator dari
Disiplin diri yaitu melaksanakan kewajiban piket kelas.