DETAIL DOCUMENT
DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA TIPE KEPRIBADIAN RATIONAL DALAM PEMECAHAN MASALAH FISIKA DI SMAN 8 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Andriyani, Fangesti Lucky
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-06-18 02:20:47 
Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kemampuan dalam pemecahan masalah. Mata pelajaran fisika merupakan salah satu yang dapat di gunakan dalam memecahkan masalah khususnya di alam sekitar. Kemampuan dalam pemecahan masalah ini sangat penting dalam dunia pendidikan, dimana salah satu tujuan mata pelajaran fisika yaitu siswa memiliki kemampuan memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, serta memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Tipe kepribadian siswa dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa tipe kepribadian rational dalam pemecahan masalah fisika di SMAN 8 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Kota Jambi kelas XI IPA 2 tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 5 siswa yang memiliki kepribadian rational terkuat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kepribadian untuk memilih siswa dengan tipe kepribadian rational, soal tes pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk tahap memahami masalah, semua subjek dapat menyebutkan semua informasi yang ada pada masalah yang diberikan. Selanjutnya tahap merencanakan penyelesaian semua subjek dapat memilih dan memilah informasi yang dibutuhkan serta subjek dapat mengemukakan ide/konsep yang akan digunakan dalam pemecahan masalah. Selanjutnya tahap melaksanakan penyelesaian, semua subjek dapat menyelesaikan masalah tetapi beberapa subjek masih memiliki kekurangan dalam setiap langkah-langkah pemecahan masalah. Untuk tahap memeriksa kembali jawaban, dari tiga buah soal yang diberikan SR1 dan SR4 melakukan pemeriksaan kembali, kemudian SR2, SR3, dan SR5 yang tidak melakukan pemeriksaan kembali jawaban mereka. Dari keempat tahap tersebut, siswa dengan tipe kepribadian rational dapat memecahkan masalah sesuai dengan langkah-langkah pemecahan masalah. Meskipun tidak semua subjek menyelesaikan semua tahapan dengan baik. 
Institution Info

Universitas Jambi