Institusion
Universitas Jambi
Author
Nadia, Nadia
Haryanto, Haryanto
Syamsurizal, Syamsurizal
Subject
L Education (General)
Datestamp
2020-06-22 02:10:04
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana Keterlaksanaan model pembelajaran learning cycle 5E berbantuan tutuor sebaya dan korelasinya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi larutan penyangga siswa kelas XI MIPA SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan mix method ( metode campuran ) dengan jenis model triangulasi konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi Keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E oleh guru, tutor maupun siswa dan soal tes essay kemampuan berpikir kritis siswa. Untuk melihat korelasi Keterlaksanaan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan tutuor sebaya dengan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji korelasi product moment pearson.