Abstract :
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa dalam menyelesaikan soal
fisika kurang lengkap dalam menulis apa yang diketahui dari soal fisika, dan
tidak memeriksa kembali jawaban yang diperoleh sehingga siswa tidak mampu
mendeteksi kesalahan pada jawaban, hal ini menunjukan siswa belum mampu
menyelesaikan soal fisika yang diberikan dengan baik. Setiap siswa dalam
menyelesaikan masalah memiliki cara berpikir yang berbeda-beda, hal tersebut
dipengaruhi oleh kepribadian yang berbeda-beda yang dimiliki oleh setiap siswa.
Kersay menggolongkan tipe kepribadian seseorang kedalam 4 tipe salah satunya
tipe kepribadian guardian. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui Kemampuan Penyelesaian Soal Fisika Siswa Tipe Kepribadian
Guardian Di Kelas XI IPA 2 SMAN 8 Kota Jambi.
Penelitian ini dilakukan di SMAN 8 Kota Jambi pada bulan Januari. Subjek
penelitian ini adalah 5 siswa yang memiliki tipe kepribadian guardian. Data
penelitian diperoleh dengan menggunakan tes dan wawancara. Dimana tes
dilakukan untuk mengetahui tipe kepribadian dan kemampuan penyelesaian soal
fisika dan wawancara siswa. Setelah data terkumpul kemudian dianalisis secara
kualitatif dengan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa tipe kepribadian guardian dalam
mengerjakan soal fisika memiliki rencana yang detail, terstruktur dan diterapkan
secara teliti dalam penyelesaian sehingga siswa dengan tipe kepribadian guardian
lebih mudah dan terstruktur dalam menyelesaikan soal. Secara umum siswa tipe
kepribadian guardian telah mampu memenuhi semua indikator penyelesaian soal
yaitu indikator memahami masalah, indikator merencanakan penyelesaian,
indikator melaksanakan rencana dan indikator memeriksa kembali jawaban yang
telah didapatkan, meskipun terdapat salah satu subjek yang tidak mampu
memenuhi salah satu indikator yaitu indikator memeriksa kembali jawaban yang
telah didapatkan.