DETAIL DOCUMENT
Analisis Pelaksanaan Model Pembelajaran Number Head Together dan Pengaruhnya Terhadap Self Efficacy Siswa pada Materi Reaksi Redoks di Kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Jambi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Aryani, Zelvi
Bakar, Abu
Sanova, Aulia
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-06-23 03:39:15 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran Number Head Together dan pengaruhnya terhadap Self Efficacy siswa pada materi reaksi redoks kelas X MIPA SMA Negeri 5 Kota Jambi.Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method) dengan jenis model Triangulasi Konkuren. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu kelas XMIPA 7. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi pelaksanaan model Number Head Together baik dari guru maupun dari siswa dan angket self efficacy siswa.Untuk melihat hubungan pelaksanaan model Number Head Together dengan self efficacy siswa dilakukan uji korelasi product moment dan analisis koefisien determinasi. Pelaksanaan model Number Head Together oleh siswa sebesar 64,02% dengan kategori baik dan persentase self efficacy siswa berdasarkan dimensinya yaitu, dimensi Magnitude=50,96%, strength=58,17% dan generality=66,92% dengan kategori baik. Hubungan pelaksanaan model pembelajaran Number Head Togetherdengan self efficacy siswa diperoleh rxy=0,6583 dengan tingkat hubungan kuat. Hasil uji koefisien determinasi pelaksanaan model pembelajaran Number Head Together dengan self efficacy siswa diperoleh Kd= 43,33% dengan kontribusi sedang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran Number Head Together dikategorikan baik dan terdapat pengaruh dengan self efficacy siswa pada materi reaksi redoks di kelas X MIPA 7 SMA Negeri 5 Kota Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi