ANALISIS PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN KORELASINYA DENGAN ADVERSITY QUOTIENT SISWA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA KELAS XI IPA SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Rahmiati, Novia Rusdi, Muhammad Syamsurizal, Syamsurizal
Subject
L Education (General)
Datestamp
2020-06-24 02:15:48
Abstract :
Pendidikan merupakan modal dasar bagi manusia untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk dapat meningkatan kualitas sumber daya manusia terutama siswa agar memiliki daya juang yang tinggi. Siswa diharapkan memiliki daya juang tersebut untuk dapat memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan dapat menggapai kesuksesan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan korelasinya dengan Adversity Quotient (AQ) siswa pada materi larutan penyangga kelas XI IPA SMAN 2 Kota Jambi. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran dari guru maupun dari siswa dan lembar angket adversity quotient siswa. Untuk melihat korelasi keterlaksanaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan adversity quotient siswa maka dilakukan uji korelasi product moment.