DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN PPKn SMA NEGERI 7 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Widya Cahya N, Putri
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-07-06 07:39:27 
Abstract :
ABSTRAK Widya,Putri: 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI Mata Pelajaran PPKn SMA Negeri 7 Kota Jambi: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Sosial, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Akmal Sutja, M.Pd., (II) Heri Usmanto, M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran yang terjadi maka diperlukan perencanaan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar nantinya Pendidik (guru) mampu menyampaikan makna dari setiap pembelajaran yang berlangsung. Dengan adanya penggunaan perencanaan Pemebelajaran Pendidik diharapakn dapat menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi dan situasi di dalam kelas maupun dengan kemampuan peserta didik Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis Proyek (Project based Learning) terhadap Hasil Belajar Siswa kelas XI Mata Pelajaran PPKn di SMA Negeri 7 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen, dilaksanakan di SMA Negeri 7 Kota Jambi dengan populasi seluruh anak kelas XI MIA, dan mengambil sampel dua kelas yakni kelas Eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas Kontrol yang berjimlah 24 orang siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik Posttest dan menggunakan uji hipotesis Tes?t? dengan bantuan Program Mikrosoft Exel. Hasil penelitian ini menunjukan Hasil belajar siswa yang menerapkan model pembelajaran berbasis Proyek pada materi Ipoleksosbudhamkam diperoleh nilai rata-rata 78,08. Dan standar deviasi nya (S) 11,41. Hasil belajar siswa yang tidak menerapkan model pembelajaran berbasis Proyek pada mata pelajaran PPKn dengan materi Ipoleksosduhamkam diproleh nilai rata-rata 68,05 dengan standar Deviasi (S) 11,07. Selanjut nya untuk menghitung uji Tes ?t? yang diperoleh pada perhitungan (t0= 3,0311) adalah lebih besar dari ?ttabel? (baik dari taraf signifikan 5% = 2,18. Maupun taraf signifikan 1% = 2,022 dengan demikian berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran berbasis Proyek terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N 7 Kota Jambi Berdasarkan penelitian ini, disarankan kepada guru yang berperan penting dalam menciptakan suasana kelas yang nyaman dan kondusif sesuai materi yang disampaikana sehingga siswa menjadi berminat pada pembelajaran yang disampaiakan. Sebagai seorang guru, dalam menciptakan pembelajaran yang aktif maka guru perlu juga menciptak variasi di dalam pembelajaran sehingga terciptanya kedekatan antara guru dan siswa. Sedangkan bagi siwa disarankan untuk membengu komunikasi kepada guru sehingga guru juga memahami apa saja keinginan siswa dalam membentuk pembelajaran yang akati dan kondusif. 
Institution Info

Universitas Jambi