DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PELAKSANAAN METODE PEMBIASAAN TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK PERMATA BUNDA DESA TELUK LEBAN KECAMATAN MARO SEBO ULU KABUPATEN BATANGHARI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
ROUDHOTILJANNAH, SITI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-07-06 07:38:31 
Abstract :
ABSTRAK Siti Roudhotiljannah 2020 Pengaruh Pelaksanaan Metode Pembiasaan Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di TK Permata Bunda Desa Teluk Leban, Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Drs.Tumewa Pangaribuan,M.Pd, dan Pembimbing II Nyimas Muazzomi, S.Ag, M.Pd.I Kata Kunci : Pelaksanaan Metode Pembiasaan, Kemandirian, Anak Usia Dini Proses pembiasaan dalam pendidikan merupakan hal yang penting terutama bagi anak-anak usia dini. Anak-anak belum menyadari apa yang disebut baik dan tidak baik dalam arti susila. Ingatan anak-anak belum kuat, perhatian mereka lekas dan mudah beralih kepada hal-hal yang terbaru dan disukainya. Dalam kondisi ini mereka perlu dibiasakan dengan tingkah laku, keterampilan, kecakapan dan pola pikir tertentu. Ini dikarenakan anak yang kurang mandiri biasanya selalu meminta bantuan dari orantua, guru maupun teman. Hal tersebut merusak kemampuan dan kepercayaan diri dalam mencapai segala kebutuhanya. Kemandirian anak usia dini dalam penelitian ini menggunakan teori dari Martinis, Y dan Jamilah, Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh pelaksanaan metode pembiasaan terhadap kemandirian anak usia dini di TK Permata Bunda Desa Teluk Leban?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan metode pembiasaan terhadap kemandirian anak usia dini di TK Permata Bunda Desa Teluk Leban, rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh pelaksanaan metode pembiasaan terhadap kemandirian anak usia dini di TK Permata Bunda Desa Teluk Leban? Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan design menggunakan metode Non-equivalent Control Group Desain, jenis penelitian ini adalah sebelum dan sesudah penelitian dimana variabel bebas adalah pelaksanaan metode pembiasaan dan variabel terikat kemandirian anak, populasi penelitian 44 orang anak dan sampel penelitian berjumlah 24 orang anak usia dini di kelas B, Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan yaitu menggunakan teknik purposive sampling, hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh pelaksanaan metode pembiasaan terhadap kemandirian anak usia dini kelompok B di TK Permata Bunda Desa Teluk Leban, dimana teknik pengumpulan data menggunakan angket Hasil penelitian normalitas menunjukkan nilai pada kelompok pretest Sig 0.200> 0.05 dan postest 0.057 > 0.05 kelompok eksperimen, dan Sig 0.200> 0.05 dan postest 0.140 > 0.05 kelompok kontrol dan pengujian hipotesis bahwa uji t nilai thitung > ttabel dimana -5.654 > 2.0739 pretest dan postest kelompok eksperimen. Pada kelompok kontrol ditemukan thitung > ttabel dimana -6.037 > 2.0739 Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh pelaksanaan metode pembiasaan terhadap kemandirian anak usia dini di TK Permata Bunda Desa Teluk Leban pada nilai pretest dan postest kelompok kontrol. Kesimpulan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0.25 di dalam tabel interpretasi nilai Cohen?s maka tergolong Modest effect (Rendah) bahwa pelaksanaan metode pembiasaan berpengaruh rendah terhadap kemandirian anak di TK Permata Bunda Desa Teluk Leban dan kegiatan ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Jambi