DETAIL DOCUMENT
PERBANDINGAN KEMAMPUAN ARGUMENTASI SISWA DI KELAS POE (PREDICT OBSERVE EXPLAIN) DAN TTW (THINK TALK WRITE) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Dewi, Novi Paramita
Effendi, Haris
Nazarudin, Nazarudin
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-07-14 07:36:31 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep oleh siswa pada materi kimia. Dan salah satu materi kimia yang dipelajari oleh siswa adalah larutan penyangga.Sebelum mempelajari materi ini, siswa harus memahami konsep materi sebelumnya seperti teori asam-basa, persamaan kimia dan kesetimbangan kimia. Untuk memudahkan siswa memahami konsep dengan benar maka siswa dapat dilatih melalui kemampuan berargumentasi. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih dalam mengembangkan kemampuan berargumentasi adalah model pembelajaran POE dan TTW. Dimana siswa terlibat dalam memberikan pernyataan (claim), data (evidance) serta alasan (warrant) yang menghubungkan data dan pernyataan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan argumentasi siswa pada materi larutan penyangga. Danmengetahui faktor penyebab terjadinya perbedaan kemampuan argumentasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasy Experimentaldengan desain Sequential explanatory. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan Simple Random Samplingdidapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen I dengan menerapkan model POE dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen II dengan menerapkan model TTW. Instrumen penelitian berupa soal posttest dan lembar wawancara siswa. Pengujian hipotesis dengan uji t. 
Institution Info

Universitas Jambi