Institusion
Universitas Jambi
Author
Feronika, Icha
Syamsurizal, Syamsurizal
Syahri, Wilda
Subject
L Education (General)
Datestamp
2020-07-14 07:36:59
Abstract :
Penelelitian ini dilatar belakangi adanya tuntutan kurikulum 2013 yaitu siswa diarahkan tidak semata-mata pada penguasaan dan pemahaman konsep-konsep ilmiah, tetapi juga pada peningkatan kemampuan dan keterampilan berpikir siswa, khususnya keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu keterampilan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang dapat melatih siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah model Problem Based Learning (PBL). Namun dalam penerapannya membutuhkan waktu yang lama sehingga digunakan bantuan tutor sebaya. Tutor sebaya (peer tutoring) merupakan metode belajar mengajar dengan bantuan seorang peserta didik yang kompeten untuk mengajar peserta didik lainnya. Jenis penelitian ini adalah mix method dengan mengumpulkan data kuantitatif dan kualitatif. Desain mix metthod yang digunakan adalah concurrent embedded. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi keterlaksanaan model dan post test (tes essay). Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Untuk melihat korelasi antara keterlaksanaan model dengan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan rumus korelasi produk moment.