Abstract :
ABSTRAK
Amilia, Yelza. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Kelas XI MIA Di MAN 1 Kerinci. Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Sejarah, Pembimbing I Dr. Drs. Suratno, M.Pd dan Pembimbing II Nelly Indrayani, S.Hum., M.Hum.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Time Token, Prestasi Belajar Sejarah
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bentuk pembelajaran yang tergambarkan dari awal sampai akhir secara khas oleh guru. Berdasarkan pengamatan peneliti di MAN 1 Kerinci, terlihat rendahnya keinginan belajar dalam pembelajaran sejarah, seperti ketika proses belajar-mengajar berdasarkan banyak siswa yang tidak memperhatikan pelajaran yang disampaikan guru, ada yang berbicara dengan temannya, ada juga yang melamun dikelas dan menguap pada saat guru menyampaikan materi. Hal ini disebabkan karena guru belum menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung, sehingga siswa pasif selama pembelajaran sejarah, sehingga prestasi belajar siswa rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Time Token terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MIA pada mata pelajaran sejarah di MAN 1 Kerinci. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experimental (eksperimen semu). Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dimana masing-masing kelas berjumlah 25 orang siswa. Teknik analisis data dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas setelah itu baru di uji hipotesis.
Model Pembelajaran Time Token ini mendorong siswa untuk menyampaikan pendapatnya karena terkadang banyak siswa yang malu menyampaikan, dengan adanya model ini membuat siswa yang kurang aktif menjadi aktif serta dengan mudahnya melatih siswa menumbuhkan kebiasaan untuk saling mendengar, berbagi, memberikan masukan dalam proses pembelajaran. Diperlukan perubahan proses pembelajaran dengan model Time Token sebagai penyegaran terhadap peserta didik.
Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest setelah menggunakan model Time Token meningkat menjadi 82,8. Pada kelas kontrol hasil belajar saat posttest meningkat menjadi 74. Dengan demikian nilai kelas eksperimen jauh lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji t-test diperoleh hasil koefisien thitung > ttabel (3,51 > 2,010635).
Dari peneltian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Time Token terhadap prestasi belajar siswa kelas XI MIA pada mata pelajaran sejarah di MAN 1 Kerinci.