Abstract :
ABSTRAK
Rahmat. O. (2020). Penanaman Karakter Semangat Kebangsaan Melalui Pengamalan Sila Persatuan Indonesia: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Dra. Destrinelli, M.Pd (2) Suci Hayati, S.Pd,.M.Pd
Kata Kunci: Pengamalan Sila Persatuan Indonesia, Karaktek Semangat Kebangsaan, Siswa
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengamalan sila persatuan indonesia untuk menanamkan semangat kebangsaan peserta didik di sekolah dasar.
Penelitian dilakukan pada kelas IV SD Negri 111/I Muara Bulian pada tanggal 27 Januari sampai 27 Maret 2020. Data penelitian ini diperoleh melalui proses wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, data dianalisis secara kualitatif menggunakan teori teknik analisis model Miles dan Humberman yang terdiri atas reduksi, penyajian dan pengambilan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengamalan sila persatuan indonesia dapat dilakukan dengan menerapkan: (1) program literasi dan ekstrakurikuler dilingkungan sekolah dengan tujuan untuk melatih dan membiasakan siswa berperilaku positif dilingkungan sekolah, sehingga dengan kegiatan tersebut bisa membentuk semangat kebangsaan kepada siswa. 2. Keteladan guru dilingkungan sekolah dalam mendidik dan membimbing siswa dalam berperilaku positif sesuai dengan sila persatuan indonesia. 3. Ada beberapa penghambat pengamalan sila persatuan Indonesia sendiri diantaranya : sikap siswa yang susah diatur dan susah dinasehati, kebiasaan siswa di lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat yang kurang baik sehingga terbawa kebiasaan tersebut dilingkungan sekolah, kebiasaan siswa yang terbiasa diperintah baru bekerja, kebiasaan siswa yang menunggu perintah membutuhkan penerapan kebiasaan-kebiasaan yang baik di lingkungan sekolah. kemudian belum ada kesadaran segelincir siswa untuk mengikuti peraturan sekolah dan arahan dari guru.